Tentunya terdapat aneka macam macam fungsi dan tujuan dari sebuah iklan yang tayang diberbagai media. Namun secara umum kita mengenalnya sebagai sebuah promosi perusahaan atas produk-produknya kepada khalayak ramai (masyarakat) melalui kanal-kanal tertentu menyerupai televisi, internet, radio, dan lain sebagainya. Dan goresan pena ini akan membahas secara ringkas mengenai fungsi dan tujuan iklan.
Source : https://www.flickr.com/photos/radith_vw/6719530137/
Pengertian Iklan
Secara garis besar iklan didefisinikan sebagai sebuah proses untuk memmemberikankan gosip mengenai sesuatu, umumnya ialah produk-produk perusahaan, kepada masyarakat umum dengan menggunkan media tertentu dan membutuhkan sejumlah biaya tertentu. Dewasa ini banyak sekali media yang bisa dipakai untuk melaksanakan periklanan menyerupai televisi, radio, majalah, koran, internet, website, blog, dan lainnya. Dan ketika ini memberikanklan tidak selalu bayar (mampu gratis).
Seorang sangat menguasai pemasaran terkemuka asal Indonesia yang berjulukan Rhenald Kasali mengemukakan bahwa iklan ialah pesan yang mengatakan produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media masa. Perlu diketahui bahwa Rhenald Kasali merupakan akdingin dan damaiisi dan praktisi bisnis yang amat dikenal dan banyak dipakai dari Indonesia. Beliau juga merupakan salah satu guru besar ilmu administrasi di FEUI.
Baca Juga : Contoh Iklan Pemasaran Yang Begitu Kreatif
Fungsi Iklan
Terence A. Shimp yang merupakan seorang akdingin dan damaiisi sekaligus praktisi terkemuka asal Amerika Serikat yang sangat sangat menguasai dalam komunikasi pemasaran mengemukakan bahwa periklanan mempunyai fungsi penting, diantaranya:
Baca Juga : Contoh Iklan Pemasaran Yang Begitu Kreatif
Terence A. Shimp yang merupakan seorang akdingin dan damaiisi sekaligus praktisi terkemuka asal Amerika Serikat yang sangat sangat menguasai dalam komunikasi pemasaran mengemukakan bahwa periklanan mempunyai fungsi penting, diantaranya:
- Informing (memmemberikankan informasi), memmemberikankan pengetahuan kepada konsumen supaya mereka sadar akan produk perusahaan tersebut.
- Persuading (mempersuasi), memmemberikankan bujukan-bujukan kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan perusahaan.
- Reminding (mengingatkan), memmemberikankan stimulus-stimulus kepada masyarakat supaya senantiasa ingat terhadap produk yang diiklankan tersebut.
- Adding Value (memmemberikankan evaluasi tambah), iklan harus bisa memmemberikankan evaluasi tambah produk dan mempengaruhi persepsi konsumen (positif).
- Assiting (mendampingi), salah satu fungsi utama dari iklan ialah mendampingi atau manfasilitasi upaya-upaya perusahaan lainnya.
Tujuan Iklan
Salah seorang akdingin dan damaiisi dan praktisi yang sangat menguasai dalam bidang periklanan yang berjulukan Robert V Zacher pernah berujar bahwa iklan mempunyai tujuan-tujuan tertentu, dan beberapa tujuan iklan tersebut diantaranya adalah:
- Menyadarkan komunikan dan memmemberikankan gosip mengenai suatu produk (mampu berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
- Berupaya menjadikan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memmemberikankan prefensi-prefensi.
- Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk mempunyai atau memakai produk itu.
- Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu gosip mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.
Artikel Lainnya : Contoh Iklan Baris Kreatif Dalam Pemasaran
Nah itulah sedikit gosip mengenai fungsi dan tujuan iklan di media serta pengertian dari iklan tersebut secara garis besar dan berdasarkan salah satu pakar pemasaran Indonesia yaitu Rhenald Kasali. Perlu kau ketahui bahwa iklan senantiasa berkembang, oleh alasannya ialah itu kita harus senantiasa update gosip tentangnya. Semoga goresan pena mengenai fungsi dan tujuan iklan ini bisa memberi manfaat.
Advertisement